Following Me are:

Jumat, Oktober 29, 2010

Cara Menyusun Kamus

Tahu gak sih teman-teman? Aku sudah pernah berkunjung ke tempat penyusunan kamus di Lampung lho… Pada saat liburan kelulusan SMA, Aku pergi bersama paman dan kedua sepupuku yang sekarang sedang duduk di bangku SMP. Kami mengunjungi tempat tersebut karena pamanku ingin mengambil kamus-kamus yang nantinya akan didistribusikan pada khalayak.

Pagi yang cerah disaat matahari memberikan hangatnya padaku, kami mengendarai mobil keluarga agar dapat sampai ditujuan dengan cepat. Selama perjalanan, seperti biasa, aku mengantuk sampai tertidur di mobil. Saat aku bangun, ternyata sudah sampai di depan tempat pembuatan kamus. Aku segera keluar dari mobil dan memasuki tempat tersebut. Di sana, aku bertemu dengan seseorang yang sudah bertahun-tahun berpengalaman dalam menyusun kamus. Beliau mengajakku dan kedua sepupuku untuk berkeliling melihat kegiatan menyusun kamus, serta memberikan informasi kepada kami mengenai cara untuk menyusun kamus.

Beliau mengatakan bahwa penyusunan kamus merupakan suatu pekerjaan yang berat. Penyusunan kamus dilakukan secara bertahap dan disusun secara berkelompok (team work). Secara umum, penyusunan kamus ini akan melalui prosedur-prosedur, diantaranya, (1) Perancangan, penyusunan kamus harus menentukan tujuan penyusunan kamus dan pendekatan kerja. (2) Pembinaan data korpus, pasukan penyusun kamus akan membaca sejumlah karya karena hanya kata-kata yang pernah digunakan oleh masyarakat akan dimasukkan ke dalam kamus. (3) Pengisihan dan pengabjadan data, setiap kata yang telah dicatat akan disusun menurut abjad. (4) Pengolahan data. Setelah kata-kata dikumpulkan dan diabjadkan, maka data ini harus dianalisis. Penyusun kamus akan mengklasifikasikan kata-kata yang lewah, kata-kata baru, kata-kata neologisme, dan kata-kata yang mengalami perubahan makna. (5) Pemberian makna, bermaksud menjelaskan makna suatu kata. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan ilmu semantik dan pragmatik.

1 komentar: